Blogger Asli Indonesia Masuk 100 Besar Top Blog Dunia

Blogger Sukses Dari Indonesia-Figur blogger sukses kita kali ini memiliki situs yang berada di papan tengah di jajaran 100 blog paling ngetop sedunia. Blognya berisi hal-hal unik dan menarik dari segala penjuru internet yang dibahas dengan bahasa Inggris sehari-hari yang -menariknya- banyak salah ketiknya (typo).


Dimulai tahun 2005, Alex Santoso awalnya memulai neatorama.com sebagai blog dan hobby. Isinya benar-benar murni berupa tulisan ketertarikan Alex sendiri terhadap hal aneh dan lucu seantero web yang ia temukan manakala ia sedang browsing internet.

Bahkan nama situs neatorama.com ia pesan secara back order karena sudah ada orang lain yang memilikinya. Jika orang tersebut memperpanjang registrasi situs tersebut, Alex berpikir akan berhenti ngeblog dan mencoba hal lainnya.

Berbulan-bulan ketika ia telah lupa akan pesanan nama situs tersebut, tibalah email peringatan dari domain registrarnya yang memberitahu bahwa neatorama.com telah available. Maka dimulailah petualangan Alex di dunia blogging yang akan mengangkat namanya di level dunia.

Targetnya Alex ingin memposting minimal 5 post setiap hari. Dengan minimal cadangan 20 tulisan yang siap publish setiap saat, dalam 2 tahun, Alex berhasil menarik rata-rata 1.5 juta visitor tiap bulan ke situsnya atau lebih dari 50 ribu unique visitor per harinya. (bandingkan dengan tech19 yang dalam setahun hanya mampu mencapai 100 post :) …)

Meski Alex memulainya murni sebagai hobby, namun saat ini neatorama telah berkembang menjadi bisnis serius yang mencakup online store dan lusinan sub situs dengan multi server dedicated berbayar. (Saat sekarang pun Alex masih menganggapnya sebagai hobby karena ia punya pekerjaan utama di dunia nyata). Dengan saat ini minimal 20 posting perhari yang dilakukan langsung oleh Alex maupun oleh guest blogger.



Seperti bisa diduga dari namanya, Alex Santoso adalah kelahiran Indonesia dan masa kecilnya dilewatkan di Indonesia. Ketika berimigrasi ke Amerika, tepatnya di California, Alex masih berusia 15 tahun. Dan Alex mengaku bahasa Inggris adalah ‘his second language’ sehingga jika banyak terjadi typo adalah hal yang wajar, toh itu tak menghalangi Alex untuk terus menulis.

Meski begitu Alex tidaklah melupakan Indonesia, ada juga tulisan Alex yang mengangkat topik tentang Indonesia misalnya tulisan tentang Obama-asli-Indonesia, gembok-untuk-pemijat, atau real-superhero-dari-jakarta.

Pengunjung setia blog neatorama.com kebanyakan (hampir 70%) adalah pengguna internet rumahan. Sehingga besar kemungkinan para pengunjungnya adalah tipe orang yang ingin mengisi waktu senggang dengan cara membuat dirinya ‘tersesat-keasyikan’ di neatorama. :)

Pendekatan Alex terhadap aktivitas ngeblog juga termasuk tidak biasa. Ditengah derasnya pendekatan ‘niche’ untuk ngeblog, Alex malah menulis ‘segala topik’. Asalkan topik itu menarik dan unik, maka Alex akan menuliskannya. Meski begitu, pendekatan bisnis (niche) akhir-akhir ini juga direspon Alex dengan jalan membuka beberapa sub situs yang dikelola secara profesional.

3 Tips singkat untuk blogger pemula dari Alex ialah daya tahan, kegigihan, dan pantang mundur. (3 kata yang sama persis maksud dan tujuannya…).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel