Cara Membuat Artikel Yang Baik Dan SEO Friendly

[post_ad]

Cara Membuat Artikel Yang Baik Dan SEO Friendly - Artikel adalah salah satu hal yang paling penting untuk sebuah website, entah itu toko online, web company, personal blog, dll. Artikel menjadi hal yang sangat penting, karena dialah yang akan dicari baik oleh search engine maupun kita para pengguna internet. Artikel merupakan sebuah tulisan yang membahas tentang topik tertentu, yang biasanya memiliki 300 sampai 1.000 kata. Artikel yang berkualitas akan menentukan kualitas dari website tersebut, baik dimata pengunjung maupun dimata search engine.

Oleh karena itu, kita sebagai blogger, ataupun anda yang saat ini sedang mengelola toko online, wajib memiliki ketrampilan dalam menulis sebuah artikel. Kebiasaan copy paste artikel milik orang lain menjadi kebiasaan yang sangat merusak bagi para blogger. Malas juga menjadi salah satu penyebab kenapa kebanyakan blogger akhirnya memiliki kebiasaan copy paste artikel. Alhasil, blog yang dikelolanya menjadi tidak disukai oleh google dan pastinya tidak disukai para pengunjung.

Jangan Malas, Dan Terus Mencoba.

Membuat artikel memerlukan kebiasaan dan latihan, jadi STOP kata malas. Cobalah untuk menulis minimal satu artikel perharinya dengan minimum 500 kata. Jika setiap hari ini kita lakukan, maka menulis akan menjadi kebiasaan yang menyenangkan dan akhirnya perasaan bahwa membuat artikel itu MUDAH akan muncul dengan sendirinya.

Gunakan 3N untuk menulis.

Dalam membuat artikel yang biasanya menjadi kendala terbesar adalah soal ide artikel. Biasanya kalau idenya sudah muncul maka untuk membuat artikel menjadi semakin mudah. Kita tidak usah pusing-pusing memikirkan ide sebuah artikel, karena sebenarnya apa yang akan kita tulis, pasti sudah ada di mbah google, kecuali kalau kita ingin menulis artikel seperti diary, maka mau tidak mau semuanya harus dari pemikiran kita. Untuk itu yang kita perlukan hanyalah mengambil ide tulisan dari orang lain, lalu kita ubah kedalam tulisan atau gaya bahasa kita sendiri. Tujuan nya supaya artikel tersebut menjadi unik, baik dimata goole, maupun dimata pengunjung.

Cara untuk melakukan ini adalah menggunakan rumus 3N, ini yang pernah disampaikan oleh motivator pak Mario Teguh. Apa itu 3N ?

1. Niteni ( Bahasa Jawa, artinya memperhatikan ) : Kita cukup perhatikan ide apa yang dituangkan dalam artikel milik orang lain tersebut, catat poin-poin penting nya. Ini berguna untuk kita kembangkan agar menjadi tulisan yang unik dan menjadi milik kita sendiri.

2. Niroke ( Bahasa Jawa, artinya mengikuti ) : Kita bisa mengikuti apa yang disampaikan dalam artikel tersebut. Misal : Topik dalam artikel tersebut membahas  Cara Membuat Artikel Yang Baik Dan SEO Friendly, anda juga bisa membuat artikel dengan topik yang sama. Inilah yang saya maksud diatas, kita tidak perlu pusing-pusing dalam mencari ide untuk artikel kita, karena sudah sangat banyak sekali artikel dengan ide yang pasti sama dengan apa yang akan kita tulis.

3. Nambahi ( Bahasa Jawa, artinya menambahkan ) : Diproses yang ketiga inilah yang menjadi poin paling penting, yaitu menambahkan. Setelah ide dan poin-poin penting dalam artikel sudah kita dapat, tahap terakhir adalah menulis nya dengan gaya bahasa kita sendiri. Kita harus bisa memberikan perbedaan dalam artikel tersebut, agar tulisan kita unik, beda dengan milik orang lain, walaupun ide nya kita meniru. Dalam tahap ini, perlu kebiasaan untuk melakukanya, tidak bisa instan dan langsung menjadi mahir, tapi kalau kita sudah terbiasa melakukan ini maka semuanya akan menjadi mudah.

Bagaimana Cara Agar Artikel Kita SEO Friendly atau Disukai Oleh Google ??

Okey, sekarang kita akan membahas Google. Agar tulisan atau artikel kita disukai oleh google, maka perlu kita melakan trik-trik tambahan didalam artikel kita. Google adalah mesin, bukan manusia, jadi kita harus mensetting artikel kita agar disukai atau mudah ditemukan oleh sebuah mesin. Terkadang artikel yang sudah baik untuk manusia atau pengunjung, belum tentu baik untuk google, karena kurang sedikit bumbu-bumbu yang kita masukkan. Okey, yuk langsung saja kita bahas dibawah ini apa saja yang harus kita lakukan agar tulisan atau artikel kita disukai oleh google :

1. Riset Keyword dan Meletakkanya Dengan Tepat.
Sebelum menulis artikel, wajib bagi kita untuk meriset kata kuncinya terlebih dahulu. Setelah mendapatkan kata kuncinya, letakan kata kunci tersebut pada judul artikel. Usahakan untuk meletakan keyword pada bagian depan atau kata pertama pada judul. Dan agar artikel kita menjadi menarik, bisa kita tambahkan kata-kata tambahan seperti contoh ini :

Kata Kunci : Menghasilkan Dari Uang Blog
Kata Tambahan : Cara Sakti

Judul Menjadi : Cara Sakti Menghasilkan Uang Dari Blog 


2. Letakan Kata Kunci Pada URL.
Meletakan kata kunci pada URL postingan menjadi salah satu yang penting. Untuk hal ini sobat tidak perlu terlalu pusing karena kebanyakan platform blog, URL artikel akan menyesuaikan dengan judul artikel secara otomatis. Lihat artikel seputar URL disini ( SEO Blogspot )

3. Letakan Kata Kunci Pada Deskripsi.
Deskripsi menjadi penting agar google mudah mengenali artikel kita membahas topik apa. Dalam hal ini, mungkin tidak akan memberi pengaruh yang besar, tapi meletakan kata kunci pada meta deskripsi  dapat membantu meningkatkan CTR atau rasio klik-tayang blog sobat pada mesin pencari. Untuk mensetting deskripsi di blogspot lihat disini ( SEO Blogspot )

4. Meletakkan Kata Kunci Diawal Paragrap.
Letakkan kata kunci artikel anda diawal paragrap atau di 100 kata pertama. Intinya semakin awal semakin baik.

5. Beri Gambar Yang Baik dan Relavan
Jangan lupa tambahkan gambar untuk artikel anda. Selain untuk mempercantik tampilan artikel, gambar juga baik untuk menunjang SEO artikel anda. Jangan lupa beri nama gambar anda dengan kata kunci yang sedang anda incar.

6. Tambahkan Internal Link
Beri link ke postingan anda ke postingan yang lain yang memiliki relevan daengan artikel yang sedang anda bahas. Seperti yang saya lakukan diatas.

7. Tambahkan external Link
Memasang eksternal link tidak akan mengurangi kualitas artikel anda, justru sebaliknya. Memasang link keluar dapat memberi nilai tambah artikel di blog sobat, asal : Memasang link keluar yang relavan , Menggunakan atribut nofollow, Jangan menggunakan keyword target sebagai anchor text, Memasang link ke blog/situs otoritas (contoh: Wikipedia). Dibagian atas saya memberi link keluar dengan kata Mario Teguh.

8. Tambahkan Video Yang Relevan
Menambahkan video sebenarnya tidak harus kita lakukan, namun keberadaan video akan menjadi nilai tambah untuk artikel kita.

9. Lebih Panjang Lebih Baik.
Panjang kata dalam artikel juga harus diperhatikan. Buatlah minimal 350 kata dalam artikel anda.

Itulah beberapa tips singkat dari saya mengenai Cara Membuat Artikel Yang Baik Dan SEO Friendly. Sekali lagi, untuk membuat artikel yang baik tidaklah sulit, hanya perlu latihan dan kebiasaan. STOP kata malas, dan buatlah minimal satu artikel perhari, maka tidak terasa tiba-tiba kita sudah menjadi ahli dalam membuat artikel. Terima kasih, semoga artikel ini bermanfaat. [post_ad]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel