Cara Memulai Usaha Baru Agar Dapat Sukses

[post_ad]


Halo sobat blogger, yang mudah-mudahan semuanya merupakan calon pengusaha dan pemilik bisnis. Di artikel ini saya akan sedikit mengulas sebuah tips yang baru saya dapat dari salah satu coach bisnis yaitu Bagaimana Cara Memulai Usaha Baru Agar Dapat Sukses. Ada 5 tips yang akan saya ulas, mudah-mudahan ini bermanfaat untuk bisnis sobat blogger semua dan pastinya juga buat saya sendiri.

Saya pernah mengikuti seminar mengenai Entrepreneur dimana para peserta merupakan calon pebisnis dan pengusaha. Dalam suatu sesi sang trainer memberikan pertanyaan, apakah tujuan anda datang ke seminar ini karena mau jadi pengusaha ??? Jawab nya pasti iya. Apakah anda mau menjadi pengusaha sukses ?? Jawabnya pasti iya. Apakah anda tahu bahwa banyak juga para pengusaha yang mengalami kegagalan ?? Jawabnya juga iya. Lalu, ditanya kembali apakah anda tahu bagaimana cara memulai usaha agar usaha anda dapat bertahan dan meraih kesuksesan ?? disini jawabanya banyak yang tidak tahu dan hanya diam, begitu juga saya.

Banyak para pengusaha yang bisnisnya hanya mampu bertahan di 5 tahun pertama. Bahkan menurut survey 80% usaha di 5 tahun pertama banyak yang mengalami gulung tikar. Dan juga ada beberapa pengusaha yang di 5 tahun pertama banyak yang mengalami banyak hutang, tidak mendapatkan customer, dan masih banyak masalah-masalah yang lain. Entah ada yang sepi, perang harga, perang kompetitor, dll.


Sang trainer menerangkan bahwa dalam memulai usaha tantangan terbesar sebenarnya bukan pada modal ?? Justru yang paling sulit adalah mempertahankan endurance berbisnis, tetap mampu bertahan walaupun sedang dalam menghadapi banyak kesulitan. Banyak dari kita sebelum berbisnis mengalami pertanyaan, Dari mana saya harus memulai ini ?? Bisnis apa yang harus saya lakukan ?? Karena semua usaha sudah ada yang mendahului, baik itu yang di offline maupun online ?? Ini adalah pertanyaan dasar yang harus bisa kita jawab sebelum kita memulai bisnis. Dan berikut ini terdapat 5 tips yang bisa kita praktekan dalam upaya kita untuk mulai membuka usaha baru :




1. Fokus pada Hobby dan Passion Anda.
Hobby saya apa ?? Passion saya apa ?? Mengerjakan sesuatu berdasarkan hobi dan passion, akan menyelamatkan kita dari rasa malas, bosan, jenuh, cepat putus asa atau gampang menyerah. Karena passion adalah sebuah pekerjaan yang kita lakukan dengan senang hati, harus lembur pun kita tetap happy, tidak dibayar pun kita senang mengerjakan hal itu. Dengan melakukan sesuatu yang berdasarkan passion kita, kebahagiaan lah yang akan muncul, sehingga akan muncul kebahagiaan yang kemudian berujung kesuksesan. Bukan sebaliknya, Sukses dulu baru kemudian bahagia. Ini adalah pemikiran terbalik. Bagaimana kita bisa sukses kalau kita tidak happy dalam melakukan pekerjaan kita ?? So, ambil rumus BAHAGIA DULU - KEMUDIAN SUKSES.

2. Hubungkan Hoby Dengan Manfaat.
Tips kedua coba kita fikirkan beberapa pertanyaan dibawah ini :
1. Apakah hoby saya dapat memberi manfaat bagi orang lain ??
2. Apakah hoby saya bisa menjadi solusi bari mereka ??
3. Apakah mereka mau membayar mahal hobi saya ?
4. Seberapa sering mereka mau membeli lagi hobi saya ?

Intinya fokus apakah hobi anda dapat memberi manfaat bagi orang lain. Jika iya, maka disanalah letak peluang bisnis nya.

3. Fokus kepada siapa ?? 
Siapa yang akan membeli atau membayar hobi anda. Berapa perkiraan umur mereka yang akan membeli hoby saya ?? gaya hidup mereka seperti apa ?? pria atau wanita ? tinggal dimana ?? dll.
Ini adalah tahap anda mencari target pasar anda. Fokuslah kepada target pasar anda, kemudian anda bisa fokus ke produk anda.

4. Jadilah Spesifik dan Menjadi Master Disana.
Jadilah yang spesifik dan master dalam hobi anda. Fokus pada problem solver. Jangan pada produk anda, tapi fokuslah pada problem solver. Coba anda fikirkan before - after. Sebelum mereka menggunakan jasa / produk saya keadaan nya bagaimana ?? Setelah menggunakan jasa / produk saya seperti apa ??.. Ini adalah anda harus fokus pada problem solver, dan untuk bisa menjadi problem solver anda harus menjadi spesifik dan ahli dibidang anda.

5. Fokus Ke 4P Marketing Tools.
Philip kotler menciptakan 4P benar-benar luar biasa. Apa itu 4P ??

Price ?? Tentukan harga sesuai strategi anda. mahal dan murah itu relatif, tergantung dari benefit yang anda tawarkan. Tidak masalah harga yang anda tawarkan mahal, jika manfaat dari produk / jasa anda memang besar.

Place ? Tempat usaha anda dimana ?? Mau di offline dengan membangun toko fisik ?? Atau melalui online dengan membuat website ??..Fokuslah memikirkan tempat anda.

Produk ?? Produk disini adalah anda fokus pada manfaat produk anda. Fokus pada solusi. bagaimana produk / jasa saya bisa memberi manfaat pada orang lain ?

Promotion ? bagaiamana bisa kita membuat offering /  penawaran yang baik kepada calon customer anda. Strategi pemasanya seperti apa ??

6. Teruslah Belajar
Kita bisa belajar dan meniru apa yang sudah dilakukan oleh orang sukses yang memiliki bisnis yang sama dengan bidang anda. Teruslah belajar tanpa henti, karena semakin banyak yang anda tahu, maka anda tidak akan pernah kehilangan inovasi baru dalam bisnis anda.

Okey, itulah sobat blogger Tips Cara Memulai Usaha Baru Agar Dapat Sukses. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat sobat blogger semuanya, dan tidak ragu lagi untuk segera memulai usaha baru anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel