Apa Itu Sitemap

Ada salah satu sobat blogger yang bertanya kepada saya, " kang sitemap itu apa ya ? dan pengaruh sitemap untuk SEO bagaimana ?. Langsung saja saya nanya mbah google,dan akhirnya saya membuat post yang saya kasih judul apa itu sitemap. Berikut ulasan singkatnya, kalau kurang jelas infonya, silahkan sobat tambahkan sendiri ya.

Apa Itu Sitemap ?

Sitemap artinya petasitus.Kalau mendengar kata peta, pasti sobat sudah kebayang dong seperti apa. Dengan melihat peta, kita bisa melihat isi dari seluruh dunia ini walaupun hanya dari sebuah kertas atau bola, indonesia sebelah mana, malaysia sebelah mana, dll. Sitemap intinya sama dengan peta, dengan adanya sitemap pengunjung dan search engine bisa melihat isi dari seluruh web/blog sobat. Bentuk dari sitemap berupa navigasi link yang terdiri dari posting , kategori , tag , yang telah sobat publikasikan di web/blog sobat.

Pengaruh sitemap untuk SEO ?

Walaupun saya tidak tahu pasti bagaimana pengaruhnya untuk SEO, tapi coba saya kasih perumpamaan saja. Ada istilah " Tak Kenal Maka Tak Sayang ". Kalau sobat blogger baru ketemu atau baru kenal seseorang, mungkin gak langsung ada perasaan sayang sama orang itu ? pasti enggak kan. Tapi setelah lama kelamaan, karena banyak komunikasi,sering ngobrol,sering ketemu, dll, akhirnya sobat tahu, ternyata sifat asli orang ini begini, kebiasaanya begini,tinggal dsini,dll. Intinya sobat sudah tahu secara detil  informasi mengenai orang itu, nah kalau sudah saling kenal begini barulah muncul perasaan sayang dan saling mempercayai. Mbah google pun juga demikian, gak mungkin langsung sayang bgitu saja dengan web/blog sobat, pasti dia butuh waktu dulu untuk mengenali web/blog sobat, maka dari itu kita harus memberikan informasi yang jelas mengenai web/blog kita dengan membuat sitemap di web/blog kita.

Menurut wikipedia : Sitemap adalah sebuah crawl atau (mesin perayap) yang berfungsi untuk mengambil data dan statistika blog anda dengan Bot (robot) yang dibuat oleh beberapa mesin pencari . Seperti Googlebot , Slurp (yahoo) , dan lainnya. Bot berguna sebagai pemeriksa dari isi atau konten blog anda , jika pengunjung banyak dan konten anda unik dan popularitasnnya tinggi maka Bot dari Search engine akan merayap web anda sehingga mudah dicari pada search enginenya.

Kalau google sudah kenal dan akrab dengan web/blog kita, maka kita akan diberi hadiah dan penghargaan oleh mbah google, yaitu web/blog kita bisa nangkring di posisi halaman pertama google, dan pastinya masih banyak hadiah-hadiah yang lain :)

Cara Membuat Sitemap ?
Untuk membuat sitemap di blogspot, sobat tingal masukkan kode berikut pada halaman/postingan sobat :

<link href="http://sites.google.com/site/congcot/kode-1/CCcss1.css" media="screen" rel="stylesheet" type="text/css"></link> <script src="http://sites.google.com/site/congcot/kode-1/CCjs1.js">

</script> <script src="http://kimzaqi.blogspot.com/feeds/posts/summary?max-results=1000&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc">

</script> <script type="text/javascript">
 var accToc=true;
</script> <script src="http://sites.google.com/site/congcot/kode-1/CCjs2.js" type="text/javascript">

</script>



Note : Sobat ganti URL alamt blog saya diatas dengan milik sobat sendiri.

Sampai disini sudah habis nih sob postingan mengenai Apa Itu Sitemap. Kalau ada yang kurang, silahkan sobat tambahkan sendiri.

Semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel