17 Inspirasi Menulis Postingan Yang Wajib Anda Ketahui


17 Inspirasi Menulis Postingan Yang Wajib Anda Ketahui - Selamat pagi sobat blogger, pada postingan saya kali ini,saya ingin berbagi mengenai tips cara mendapatkan inspirasi menulis untuk keperluan update blog atau membuat postingan. Update postingan, adalah hal yang paling penting untuk seorang blogger, tapi terkadang kita mengalami kejenuhan dan bingung mau buat postingan apa lagi, dan hal itu sudah sering saya alami selama menekuni dunia blogging ini. Untuk itu, postingan ini mudah-mudahan bisa memberikan inspirasi buat sobat blogger, supaya ide-ide menulis nya bisa selalu mengalir, tips ini saya dapat dari salah seorang blogger sukses tanah air melalui blognya blogdolar.com. Seperti apa tips nya ?

Berikut  17 Inspirasi Menulis Postingan Yang Wajib Anda Ketahui :

1. Tutorial (How to)
Postingan jenis ini memaparkan bagaimana cara melakukan atau membuat sesuatu. Akan lebih baik jika tutorial ini merupakan hasil pengalaman sobat sendiri.
Dan tulisan jenis ini banyak kita temui pada blog-blog yang berisi tutorial,tutorial ngeblog,masak,menggambar dll. Tulisan ini merupakan sebuah solusi dari problem yang dialami oleh pembaca.

2. Pencapaian Pribadi
Jenis postingan ini menceritakan kesuksesan sobat dan bagaimana cara sobat mencapainya. Mungkin sobat ragu untuk menuliskan jenis postingan ini karena khawatir dianggap narsis (melebih-lebihkan diri sendiri).
Kalau menurut saya, stop berasumsi seperti ini. Pencapaian sekecil apapun itu dan bagaimana cara mencapainya, sepanjang gaya penulisannya sopan, saya yakin orang lain akan suka membacanya.

3. Review (Ulasan)
Jenis postingan ini megulas seluruh aspek suatu produk atau layanan dan terbagi menjadi dua macam yaitu review dibayar dan review pribadi. Di luar review berbayar, review pribadi merupakan hal yag relatif mudah dilakukan.

4. Postingan Daftar
Postingan jenis ini mendaftar (menyenaraikan) beberapa hal penting dari suatu topik. Jenis postingan ini merupakan salah satu jenis postingan yang banyak dibuat oleh para blogger. Contohnya, 
10 Google Tools Gratis Untuk Internet Marketing

5. Wawancara
Postingan jenis ini menampilkan hasil wawancara dengan orang-orang terkenal atau bisa juga para sahabat. Selain untuk mempererat persahabatan dan networking, wawancara juga untuk memperoleh opini seseorang yang dipandang mumpuni di bidangnya.

6. Profil
Jenis postingan ini menampilkan lebih detail mengenai latar belakang, pendidikan, kesuksesan, atau aktivitas seseorang yang terkenal.

7. Postingan Link
Ini berupa postingan yang membahas singkat atau menampilkan semua poin-poin penting (tanpa pembahasan) suatu topik yang diambil dari tulisan blog lain. Misalnya, Blog A menulis 10 Cara Jitu Meningkatkan Pelanggan RSS.
Karena sobat menganggap tulisan ini penting, sobat bisa membuat postingan link dengan judul yang berbeda, antara lain:
  • Sudahkah Anda tahu 10 Cara Jitu Meningkatkan Pelanggan RSS?
  • Anda Ingin Meningkatkan Pelanggan RSS? Inilah 10 Cara Jitunya
  • Dan lain-lain.
Dalam postingan yang dibuat, sobat harus menampilkan secara singkat 10 poin tersebut, me-link ke sumber postingan, dan menghimbau pembaca untuk mengunjungi sumber postingan tersebut untuk mengetahui penjelasan lebih dalamnya.

8. Postingan Problem
Jika sobat memiliki problem dengan suatu produk atau layanan, sobat bisa dengan mudah membuat postingan jenis ini. Akan lebih baik jika postingan ini disertai solusinya sehingga pembaca tidak mengalami hal jelek yang dialami sobat dengan produk atau layanan itu.


9. Opini
Postingan ini bisa berupa kesetujuan atau ketidaksetujuan (kritik) sobat terhadap suatu topik. Yang perlu diperhatikan, sobat harus siap mental dengan komentar negatif terhadap opini sobat tersebut. Tidak semua orang sependapat dengan sobat.

10. Inspirasi
Jenis ini berisi kisah-kisah inspirasi dan motivasi, baik dari pengalaman sobat maupun dari diri orang lain.

11. Prediksi
Jenis postingan ini memprediksi apa saja yang akan terjadi di waktu mendatang. sobat bisa secara bebas memprediksinya.

12. Perbandingan
Postingan ini membandingkan kelebihan dan kekurangan dari dua produk atau layanan sejenis. Kunci utama dari jenis postingan ini adalah sobat harus mengenal betul produk-produk tersebut. Misalnya, Produk A vs Produk B.

13. Hipotesis
Jenis postingan ini umumnya menyenangkan dan bisa dibilang datang dari ide gila. Selain itu, pembaca juga bebas berkomentar. Umumnya jenis postingan ini diawali dengan kata “Bagaimana Jika…”. Contohnya,  Bagaimana Jika Google dan Yahoo Merger?

14. Projek
Postingan jenis ini menceritakan projek-projek apa yang sedang sobat lakukan. Misalnya, sobat memiliki projek membuat antivirus baru. Sobat bisa membuat postingan yang menceritakan projek tersebut dari latar belakang sampai kondisi terakhir saat sobat menulis postingan tersebut.

15. Informasi dan Definisi
Informasi bisa berupa berita terkini atau berita unik dari seluruh penjuru negeri. Sementara itu, definisi adalah penjelasan secara gamblang sebuah topik. Wikipedia adalah situs yang populer dengan jenis postingan definisi.

16. Poling atau Diskusi
Jenis postingan ini meminta pendapat pembaca sobat mengenai topik-topik di luar blog sobat maupun blog sobat sendiri.

17. Kumpulan Postingan (Roundups posts)
Sesuai namanya, jenis postingan adalah kumpulan beberapa postingan terbaik sobat selama kurun waktu tertentu. Sebagai contoh, sobat bisa membuatnya secara bulanan, tiga bulanan, enam bulanan, atau satu tahunan.
Biasanya postingan ini berupa daftar judul postingan sobat beserta deskripsi singkatnya. Selain akan menarik minat pengunjung baru, jenis postingan ini juga merupakan strategi membuat internal link yang bagus.

Itulah sob  17 Inspirasi Menulis Postingan Yang Wajib Anda Ketahui, dengan begini, setiap kita akan membuat artikel,kita jadi tahu jenis apa postingan yang ingin kita buat tersebut, dengan begitu kita tidak akan kehilangan akal atau ide untuk menulis.

Cukup sekian, semoga bermanfaat.


Source : Blogdolar.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel